More Detail

KOMUNITAS ORGANIK INDONESIA : HIDUP SELARAS ALAM DIMULAI DARI RUMAH


KOMUNITAS ORGANIK INDONESIA : HIDUP SELARAS ALAM DIMULAI DARI RUMAH

Vemale.com - Hidup ala organik tidak hanya terbatas pada menyantap makanan organik tetapi juga mengadopsi gaya hidup yang selaras dengan alam. Komunitas Organik Indonesia (KOI), yang menghimpun pelaku industri organik dari berbagai sektor, memiliki komitmen tinggi untuk menyebarluaskan gaya hidup organik. Salah satu kegiatannya adalah penyelenggaraan Organic, Green & Healthy Expo (OGH Expo) sebagai ajang pengenalan produk-produk organik sekaligus edukasi tentang gaya hidup organik. OGH Expo yang tahun ini memasuki usia ke-tiga akan dilakukan pada 3-6 Oktober 2013 di Lapangan Parkir Kompas Gramedia Group, Palmerah, Jakarta.

“Komunitas Organik Indonesia menggagas OGH Expo di tahun 2011 dengan tujuan agar semakin banyak orang yang mengenal produk organik dari dalam negeri. Sejalan dengan waktu, kami juga menyasar gaya hidup selaras alam atau green lifestyle karena melihat banyaknya bahan-bahan kimia berbahaya yang dijumpai di rumah tangga. Karena itu OGH Expo kali ini mengusung tema hidup selaras alam dimulai dari rumah,” papar Ir. Christopher Emille Jayanata, ketua Komunitas Organik Indonesia.

OGH Expo 2013 menghadirkan 130 UMKM dari seluruh Indonesia ditambah dengan 30 asosiasi dan komunitas. Angka ini meningkat cukup signifikan dengan ikut sertanya beberapa industri non-food seperti kerajinan daur ulang, bahan pembersih rumah tangga, perawatan kulit, dan jasa.

Komunitas Organik Indonesia (KOI) sendiri memiliki 105 anggota yang sebagian besar merupakan usaha mikro dan kecil, termasuk industri rumah tangga. Salah satu program utama KOI adalah pemberdayaan anggota dengan menggandeng pakar untuk melakukan klinik bisnis terkait branding dan marketing. Selain itu, KOI juga secara aktif mengikuti berbagai pameran dan bazar sehingga anggotanya juga dapat memasarkan produk-produk mereka.

“Masyarakat sering menganggap produk organik dan gaya hidup selaras alam sebagai mahal, susah dicari dan sulit dilakukan. Kami ingin menyampaikan bahwa ada banyak produk organik dari produsen dalam negeri yang sangat terjangkau. Dan untuk memudahkan konsumen mencari produk-produk ini, kami membuka toko online www.geraihijau.com serta Gerai Hijau yang saat ini sudah dibangun di Jakarta,” tambah Emille.

Sebagai lanjutan dari OGH Expo 2013, KOI akan meluncurkan kampanye OGH pada 18-20 April 2014 dengan fokus pada edukasi masyarakat serta pemberian penghargaan kepada masyarakat yang peduli terhadap gaya hidup organik dan selaras alam.