Naniura, Sashimi khas Indonesia

Naniura, Sashimi khas Indonesia

Last update on Nov. 12, 2013.

KOI-Slowfood Indonesia memperkenalkan Naniura, masakan istimewa berupa IKAN MENTAH khas Indonesia.

Berikut petikan dari Kompasiana mengenai Naniura:

NANIURA, ikan khas batak yang tidak dimasak, seperti Sashimi ikan mentah khas Jepang. Bila orang Batak mendengar naniura, maka  yang pernah memakannya  langsung mengeluarkan air liur dengan mata terpejam….tabo nai…enak sekali. Bagaimana tidak,  ikan yang sudah dilumuri bumbu dan asam jungga (asam batak) ditambah andaliman menciptakan rasa manis ikan yang dibumbu asam dan diwarnai rasa pedas andaliman yang meninggalkan rasa ketir  diujung lidah.

Naniura, tidak sepopuler ikan arsik dan jarang didapat di lapo-lapo Batak atau diarisan-arisan marga, biasanya disajikan pada saat acara Bona Taon para marga-marga Batak. Resep asli Naniura bukanlah ikan mas seperti arsik, tapi ikan yang satu-satunya ada di danau toba atau disebut “Ihan”. Tapi karena  ikan ini susah didapat, maka sekarang orang menggunakan ikan mas. Ihan adalah jenis ikan yang hidup hanya di danau Toba, masih ingat cerita rakyat tentang asal muasal Danau Toba, dimana seekor ikan sakti yang berubah menjadi perempuan kemudian menikah dengan manusia, dan kembali menjadi ikan setelah marah karena suaminya menyebut anaknya adalah anak ikan. Konon ikan itu menjadi Ratu Ikan di Danau Toba, dan dinyakini orang Batak ikan ini terus hidup sepanjang masa.  Ratu ikan ini ditemani ihan-ihan, yang menjadi ciri khas ikan batak.

Masakan naniura, dahulu kala pada jaman Raja-Raja Batak (Red. Di tapanuli sebelum kemerdekaan RI, banyak raja-raja batak di masing-masing daerahnya, salah satu yang terkenal adalah Sisingamangaraja. Sisingamangaraja bukan Raja Orang Batak, tapi salah satu Raja Batak yang paling terkenal), merupakan masakan istimewa dan hanya dihidangkan untuk para raja, oleh karena itu dahulu tidak semua orang boleh memasak naniura, hanya koki kerajaan saja yang boleh memasaknya. (Kompasiana, Elly Maria Silalahi) 

Slow Food Indonesia

Mari dukung gerakan Slow Food di Indonesia, tunjukkan bahwa kita peduli terhadap budaya makanan tradisional Indonesia. Kirim Nama, Alamat, E-mail dan Nomor Telpon ke daftar@slowfoodindonesia.org. Dan menjadi bagian dari pemelihara kelestarian budaya bangsa Indonesia!

Presented by KOI - Komunitas Organik Indonesia

KOI mendukung gerakan Slow Food International, yang mengajak masyarakat untuk lebih menghargai masakan asli daerah. Mengangkat budaya, mensejahterakan petani dan produsen kecil, menyehatkan bangsa.

Ikuti perkembangan lainnya di www.KomunitasOrganikIndonesia.org






Comments (3)

  • User Avatar

    exoly

    7 months, 3 weeks ago

    Enak nih kelihatannya

  • User Avatar

    rudyerdiansyah

    4 years, 2 months ago

    Mau doonggg

  • User Avatar

    admin

    4 years, 2 months ago

    makanan enak dari Sumatera.. :)

Upcoming Events
18
Jan